Panduan Cara Naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta


Hai kawan-kawan, Sudah lama nggak posting artikel baru nih karena sedang ada kesibukan jadi nggak sempat buat artikel baru dan ditambah kemalasan yang datang silih berganti hahaha..

Ada yang udah pernah cobain Kereta Railink nggak? nah, bagi yang mau naik dan belum tau bagaimana caranya. Check it out!

Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta merupakan kereta hasil kerjasama PT. Kereta Api Indonesia dan PT. Angkasa Pura II atau biasanya dikenal dengan Kereta Railink yang merupakan Kereta Bandara yang menghubungkan penumpang menuju pusat kota Jakarta sedangkan kereta yang menghubungkan penumpang antar terminal dikenal dengan Skytrain.




Kereta Railink sendiri merupakan kereta yang dioperasikan pada akhir tahun 2017 sebagai wujud dari antisipasi pemerintah terhadap infrastruktur bandara sehingga memudahkan penumpang untuk memilih mau menggunakan mode transportasi yang diinginkan. Tentu saja menggunakan kereta bandara adalah pilihan yang tepat, selain tidak mengalami kemacetan tetapi juga tidak membuang waktu yang lama di perjalanan. Untuk kamu yang tidak ingin ketinggalan pesawat, tentunya harus ke Bandara dalam waktu yang lebih awal atau menggunakan kereta Bandara Railink ini.

Sejak pengoperasiannya, Railink hingga kini masih sangat sepi penumpang dikarenakan masyarakat belum merasa terlalu nyaman dan tertarik menggunakan Railink ini. Di sisi lain juga dikarenakan hingga saat ini masih mengharuskan penumpang menggunakan kartu Debit untuk membeli tiket sehingga mungkin hal ini membuat masyarakat pada umumnya terutama yang tidak memiliki kartu debit akan mengalami kesulitan dalam membeli tiket di Vending Machine.




Harga tiket railink sendiri jika pemberhentiannya di Sudirman Baru (BNI City) yaitu 70.000 Rupiah. Bagi sebagian orang mungkin akan terasa kurang terjangkau bila ada beberapa anggota keluarga yang ikut menggunakan mode transportasi ini. Untuk Group traveler mungkin lebih baik menggunakan Taksi Bandara atau Grab yang tersedia di depan terminal bandara. Bagi aku, untuk perorangan (Solo traveler) harganya cukup terjangkau dan cepat.  


Bisa dilihat penumpang Kereta Bandara Soekarno-Hatta masih sepi. Masih banyak kursi kosong yang belum terisi
Kursi Railink ini cukup nyaman dan kamu bisa pindah tempat duduk sesuka hati kamu karena dari sekian banyak kursi yang tersedia, hanya beberapa saja yang terisi oleh penumpang. Serasa kereta milik pribadi hahaha 


Toiletnya bersih dan fasilitas didalamnya cukup lengkap dan masih bersih.
Dan jangan lupa selfie di kaca toilet adalah wajib hukumnya! hahaha :))




Cara menggunakan Kereta Railink Soekarno-Hatta

Ketika kamu sudah tiba di terminal, keluarlah di lantai dasar terminal dan tanyakan ke petugas bandara di pusat informasi untuk menanyakan dimana Skytrain. Biasanya Skytrain berada di depan terminal dengan bangunan penuh kaca.

Kenapa harus naik Skytrain terlebih dahulu? Karena skytrain merupakan kereta penghubung dari satu terminal dengan terminal lainnya. Seusdah sampai di lantai atas gedung skytrain, lihatlah petunjuk yang tertera. Tujuan yang akan dituju adalah stasiun kereta bandara.



Setelah memasuki Skytrain dan tiba di Stasiun Kereta Bandara (Railink) maka belilah tiket pada Vending Machine yang ada di sebelah kiri dekat pintu ketibaan.


Untuk membeli tiket kamu hanya bisa menggunakan kartu Debit dan Voucher yang kamu miliki. Untuk pembelian tiket akan dibantu oleh petugas kereta Bandara. Kamu tinggal pilih ingin menuju ke stasiun yang diinginkan, jam berapa dan gesekan kartumu di mesin EDC dan masukkan pin kamu.


Tadaaaa ...
Setelah memiliki tiket kereta, untuk masuk ke dalam kereta, kamu akan melalui gerbang masuk (entrance gate) seperti yang ada di MRT, kamu tinggal menempelkan tiket kamu ke kaca bening yang ada di pinggir entrance gate tersebut. Setelah pintunya terbuka, kamu bisa langsung deh masuk kereta yang telah tiba sesuai jam yang telah dipilih. Disarankan untuk duduk di kursi yang sesuai dengan tiket kamu bila kondisi di dalam kereta cukup ramai, bila kondisinya cukup sepi mungkin tidak masalah untuk duduk dimana saja hahaha

Serasa kereta pribadi guys :)
Jika berhenti di stasiun Sudirman Baru (BNI City), kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan MRT Dukuh Atas guys! :)


Setelah keluar dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City), turun ke lantai dasar Stasiun dan keluar ke arah jembatan dan kamu langsung bisa menemui gate MRT Dukuh Atas.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang akan menggunakan Railink dan MRT. Untuk informasi mengenai Jadwal Keberangkatan dan Rute, kamu bisa klik www.railink.co.id. Ayo beralih ke Transportasi Publik!

Comments

Popular posts from this blog

Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Genting Highlands

Liburan ke Kuala Lumpur selama 5 hari

Ke Aceh Harus Pakai Jilbab Dan Berbusana Muslim?

Mau Rekening Bank Yang Gratis Biaya ADM dan Banyak Promonya? Jenius Aja!

Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Kuala Lumpur

Member of

ID Corners